Tips Supaya Ponsel Android Tidak Cepat Panas

Tips Supaya Ponsel Android Tidak Cepat Panas

Tips Supaya Ponsel Android Tidak Cepat Panas

Jika dibandingkan dengan ponsel lawas (Java/Symbian) meskipun buatan china, tentu ponsel tersebut lebih unggul jika dibandingkan dalam bentuk suhu. Tapi saat ini ponsel Android telah memiliki RAM yang cukup tinggi, untuk mengurangi suhu panas yang ada pada ponsel. Tapi jangan hanya melihat dari sisi ponsel saja, lebih baik juga dilihat dari sisi baterai. Saya sendiri telah merasakan suh ponsel yang panas pada ponsel RAM 1Gb akibat baterai yang drop dan sudah waktunya untuk megganti, ketika Saya mengganti ke baterai yang baru, suhu ponsel kembali membaik dan tidak terlalu panas seperti sebelumnya. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan supaya ponsel Android tidak cepat panas.

  1. Ganti Mode Jaringan ke GSM Only – Jika sebelumnya menggunakan jaringan WCDMA ataupun Auto, sebaiknya diganti ke jaringan GSM (Only) yang jauh memiliki signal yang lebih bagus. Dikarenakan untuk beberapa wilayah signal 3G tidak sepenuhnya memiliki signal yang banyak dan itu membuat suhu ponsel menjadi panas ketika digunakan. Lakukan hal ini ketika ponsel sedang standby atau dengan maksud tidak digunakan apapun, sebab jaringan GSM sangatlah buruk jika digunakan untuk menelusuri internet.
  2. Jangan Gunakan Ponsel Ketika Melakukan Charge – Ponsel yang sedang mengisi daya akan lebih baik dibiarkan hingga penuh. Apabila sambil digunakan, baterai akan tidak terisi dengan stabil dan bisa membuat baterai tersebut drop. Ini dikhususkan untuk pengguna ponsel Android dengan jenis baterai ion, jika pengguna memaksa untuk menggunakan ponsel ketika dilakukan charge, bisa jadi suhu panas yang dialami akan 2x lebih besar dibanding penggunaan normal.
  3. Tidak Melakukan Overclock – Ada banyak aplikasi yang membantu pengguna untuk membuat ponselnya jauh lebih cepat, contohnya melakukan swap RAM atau menambah tweak pada sistem yang bersifat memaksa. Ini banyak terjadi pada pengguna ponsel low-end yang berniat memaksimalkan performa dengan cara yang kurang benar. Jadi dengan melakukan overclock ini tidak hanya membuat suhu ponsel menjadi panas, tapi juga menguras baterai lebih cepat.
  4. Clear Task Sebelum Membuka Aplikasi – Ini dikhususkan bagi pengguna yang ingin membuka aplikasi dalam jangka lama, misalnya ingin membuka sebuah browser ataupun memainkan game, akan jauh lebih baik apabila pengguna melakukan clear task terlebih dahulu atau bisa dimaksudkan menghentikan proses latar belakang aplikasi lainnya. Untuk melakukan hal ini bisa menggunakan bantuan aplikasi sejenis Clean Master.
  5. Menghibernasikan Aplikasi – Selama aplikasi dihibernasikan, aplikasi tersebut tidak akan bisa memulai secara otomatis kecuali pengguna membukanya lagi. Hal ini sangat dianjurkan dan ini juga bisa membuat tingkat baterai tahan lama dari biasanya. Untuk menggunakannya bisa dengan aplikasi Greenify, jadi pengguna cukup menandai aplikasi mana saja yang akan dihbernasikan, dan pada aplikasi tersebut juga diberikan fitur shorchut, intinya ketika pengguna habis membuka banyak aplikasi, lebih baik menekan tombol hibernasi tersebut.
  6. Tidak Membiarkan Koneksi WiFi Terus Menyala – Jaringan WiFi yang telh diaktifkan akan terus mencari terus jaringan WiFi yang tersedia kecuali ponsel telah terhubung ke jaringan WiFi. Jadi jika pengguna lupa belum mematikan koneksi WiFi yang tidak memiliki sambungan internet, lebih baik dimatikan saja supaya tidak membuat ponsel menjadi panas akibat sistem yang mencari terus jaringan WiFi yang tersedia.
  7. Jika Bukan Game Online, Matikan Koneksi Internet – Kebanyakan orang akan terus mengaktifkan koneksi meski memainkan sebuah game offline. Biasanya dengan mengaktifkan sebuah koneksi internet ini, service dari aplikasi lain yang terhubung ke internet akan ikut aktif meski sebelumnya telah diberhentikan dengan task killer. Contohnya seperti aplikasi chatting. Jadi sebaiknya koneksi internet dimatikan saja ketika memainkan game offline, apalagi jika itu termasuk game HD.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Blockchain Surveillance Firm Partners With Cryptocurrency Exchange Binance

Binance Is Using Chainalysis for Compliance According to